Senin, 22 Juni 2015

Belajar Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen

1. Pengertian
 
Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

 2. Manfaat Mempelajari Sistem Informasi Manajemen

          Pentingnya memahami sistem informasi manajemen bagi mahasiswa adalah untuk tujuan managerial dan implikasi teknologi komputer terhadap proses manajemen. Perkembangan zaman  yang semakin modern ( GLOBALISASI ) sangat menuntut akses informasi yang tepat, cepat dan akurat. Apabila tidak dibekali pengetahuan yang cukup dan memadai terhadap sistem informasi, maka kita akan tertinggal dan tergilas oleh kemajuan teknologi yang selalu mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Dengan mempelajari sistem informasi manajemen mahasiswa dapat Mengenal dan mengidentifikasi masalah sistem informasi, mengenal pemrosesan data, serta memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana memanfaatkan sistem informasi sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) ini dirancang untuk memberi pengetahuan mendasar kepada mahasiswa tentang philosopy dan skills yang diperlukan bagi pengembangan dan pemanfaatan sistem informasi yang berbasis Komputer (computer – based information sistem). Kemajuan dari teknologi tersebut digunakan untuk memperlancar akses informasi dan  komunikasi sehingga segala hal menjadi efisien. Tidak hanya itu, manfaat mempelajari sistem informasi manajemen ini adalah :
1.      Mengetahui Pengertian Sistem Komputer dan Perangakat Keras  
2.    Dapat mendefinisi Perangkat Keras dan Macam-macam komponen  
3.    Mengetahui fungsi perangkat dalam system manajemen informasi  
4.    Mengetahui  perkembangan  IT dalam Sistem informasi 
5.    Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya sistem informasi. 
6.    Menjamin tersedianya kualitas dan ketrempilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.  
7.    Mengembankan proses perencanaan yang efektif. 
     8.    mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan ketrampilan pendukung sistem informasi. 
     9.    Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi. 
    10. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru. 
1  1.   Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem. 
1  2.Organisasi menggunakan SIM untuk mengolah transaksi-transaksi mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka. 

Sumber:
Rohmat Taufiq, 2013, Sistem Informasi Manajemen, Graha Ilmu, Yogyakarta.


3.  Komponen-komponen Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen sistem informasi terbagi menjadi dua yaitu komponen Sistem informasi manajemen secara fungsional dan sistem informasi manajemen secara fisik

1.          Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional
Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
a. Sistem Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
b. Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem ini merupaka sistem yang memiliki fungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan laporan yang bersifat periodik kepada para pengambil keputusan,sehingga para pengambil keputusan memiliki bahan-bahan atau informasi-informasi yang di perlukan untuk mengambil keputusan dengan benar.
c. Sistem Database
Database adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi. Basis data yang dimaksudkan untuk mengatasi problem pada sistem yang memakai pendekatan bebasis berkas. Sistem Database berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah. Untuk mengelola basis data diperlukan perangkat lunak yang di sebut DBMS . DBMS adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat,memelihara, mengontrol, dan mengakses basis data dengan cara yang praktis dan efesien.
d. Sistem Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
e. Manajemen Data
Manajemen Data adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi yang mencakup semua kegiatan yang memastikan bahwa data:
1.  Data Akurat
2.  Up to Date (Mutakhir)
3.  Aman
4.  Tersedia bagi pemakai (user)
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.

2. Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik
Komponen Sistem Informasi Manajemen secara fisik adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen. Komponen-komponen tersebut meliputi:
a. Perangkat keras:
Perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan  yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Hardware memiliki komponen pokok yaitu :
·         Input
·         Pemrosesan (CPU)
·         Penyimpanan
·         Output
b. Perangkat lunak
Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik..
Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Perangkat Lunak dibagi menjadi 3 :
Sistem perangkat lunak umum, seperti siste1. sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang memungkinkan pengoperasian sistem computer
Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan
Aplikasi perangkat lunak yg terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi
c. DataBase
Database berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
Tujuan utama dari data base adalah:
1.    Menghindari pengulangan data (redudansi)
2.    Mencapai indepedensi data (kemampuan untuk membuat perubahan dalam stuktur data tanpa membuat perubahan pada program yang memproses data. Indepedensi data dicapai dengan menempatkan spesifikasi dalam table dan kamus yang terpisah secara fisik dari program.
d. Prosedur pengoperasian
Prosedur merupakan komponen fisik karena prosedur disediakan dlm bentuk fisik seperti buku panduan & instruksi, terdiri dari 3 jenis prosedur
Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan
·         Instruksi penyiapan data sebagai input
·         Instruksi operasional
e. Personalia pengoperasian
1. Operator
2. Programmer
3. Analisa sistem
4. Personalia penyiapan data
5. Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.

Sumber : 
http://greeaone.wordpress.com/2010/09/27/komponen-komponen-pendukung-sim/
http://arisuhari.blogspot.com/2011/10/kompone
  


Komponen sistem informasi manajemen  adalah
seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen
sistem informasi terbagi menjadi dua yaitu komponen Sistem
informasi manajemen secara fungsional dan sistem
informasi manajemen
secara fisik :1.
Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara
Fungsional
Komponen sistem informasi
adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan
data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi
yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi: a. Sistem
Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan
kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan
sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem
ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat
segera diketahui. b. Sistem Pelaporan
Manajemen
Sistem ini berfungsi untuk membuat dan
menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada
pengambil keputusan atau manajer. b. Sistem
Database
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan
data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana
database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan
perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan
bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga
akan semakin bertambah. c. Sistem Pencarian
Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam
pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk
yang tidak terstruktur. d. Manajemen Data
Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen
sistem informasi
dengan database dan antara
masing-masing komponen sistem informasi. 2. Komponen
Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik

Komponen Sistem Informasi Manajemen secara fisik adalah
keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk
menjalankan sistem informasi manajemen. Komponen-komponen tersebut
meliputi: a. Perangkat keras: 1)
Komputer (CPU, Memory) 2) Pesawat Telepon 3)
Peralatan penyimpan data (Decoder) b. Perangkat
lunak
1) Perangkat lunak yang umum untuk
pengoperasian dan manajemen data
2) Program aplikasi
c. DataBase 1)Â
File-file tempat penyimpanan data dan informasi 2)
Media penyimpanan seperti pita komputer, paket piringan.
d. Prosedur pengoperasian
1)  Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan
bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan

2)   Instruksi penyiapan data sebagai
input
3)   Instruksi
operasional
e. Personalia
pengoperasian
1)  Operator 2 )
Programmer  3)  Analisa
sistem
4)  Personalia penyiapan
data
5) Koordinator operasional SIM dan
pengembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar